Beranda > Dunia Remaja, Laporan Kegiatan > Menjalin Kerukunan dan Kekompakan melalui Sepeda Santai

Menjalin Kerukunan dan Kekompakan melalui Sepeda Santai


Dalam Pengertiannya, Rukun adalah suatu sifat atau thobiat pribadi orang  muslim yang tidak mempunyai uneg-uneg, prasangka jelek, dengki, srei, iri hati kepada sesamanya. Saling mengasihi, serta bantu membantu dalam kebaikan, tolong menolong, kuat memperkuat, saling mendo’akan yang baik, bersikap ramah terhadap sesama.

 

Sepeda santai Generus Kartoharjo

Sedangkan kompak adalah bersama-sama melakukan kegiatan yang telah diputuskan bersama dan kegiatan-kegiatan lain yang dilakukan dengan giat, senang gembira, seia sekata.

Lazimnya kompak akan berhasil diwujudkan bila didukung dengan rukun lebih dahulu. Dalam suasana tidak rukun sulit kiranya dilakukan kegiatan bersama yang seia sekata, bahkan bisa jadi rujak sentul siji ngalor siji ngidul menyimpang dari kesepakatan yang telah ditentukan.

Namun demikian keadaan tidak kompak juga bisa terjadi karena terdapat persepsi yang berbeda mengenai kegiatan yang sudah menjadi amrin jami’in tersebut. Untuk mengatasi hal ini perlu penjelasan yang sejelas-jelasnya dan lebih terinci terutama yang menyangkut operasionalnya guna meniadakan hal-hal yang dapat menimbulkan wayuh tafsir (multi tafsir).

Sementara itu kompak dalam memperjuangkan agama Alloh merupakan thobi’at yang disenangi Alloh, sebagaimana firmanNya dalam Al-Qur`an :

إِنَّ اللهَ يُحِبُّ الَّذِيْنَ يُقَاتِلُوْنَ فِى سَبِيْلِه صَفًّا كَأَنَّهُمْ بُنْيَانٌ مَّرْصُوْصٌ * سورة الصف 4

Sesungguhnya Alloh mencintai orang-orang yang berjuang di jalanNya dengan berbaris, bagaikan bangunan yang tersusun kokoh.

Sehubungan kemampuan perorangan dalam kebersamaan tidak sama, maka diperlukan  praktek kekompakan guna membangun solidaritas atau kesetiakawan dan kepedulian terhadap sesama khususnya bagi para generasi muda.

Seperti kalau ad a yang sakit sama-sama dibesuk, kalau ada yang meninggal sama-sama dilayat, kalau ada yang  dluafa` yang rumahnya rusak sama-sama diperbaiki, kalau ada yang terancam keamanannya dan/atau teraniaya sama-sama dibela, dan sebaginya. Semua itu merupakan kegiatan-kegiatan yang menunjukkan kekompakan.


Dalam rangka memupuk kerukunan dan kekompakan, generasi penerus LDII PC Kartoharjo melaksanakan sepeda gembira bersama. Kegiatan ini dilaksanakan pada hari mingggu 6 maret 2011. Acara ini semakin terlihat antusias, karena diikuti oleh sekitar 80 orang.

Berangkat pada pukul 06.30 WIB dengan mengambil start dari halaman masjid Blaran dan finish di tempat yang sama dengan jarak tempuh sekitar 30 km. Kegiatan ini bertujuan dikhususkan untuk mempererat kerukunan dan kekompakan terutama generasi penerus LDII PAC Kartoharjo. (mad)

Tulisan Terbaru :

  1. ivon
    1 April 2011 pukul 05:46

    kapan LDII dari PC yang lainnya dimuat?????

  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: