Beranda > Motivasi Inspirasi, Nasehat Religi > Shodaqoh Jariyah (bagian 2) | Pembangunan Masjid di Magetan

Shodaqoh Jariyah (bagian 2) | Pembangunan Masjid di Magetan


Pembangunan Masjid Daerah Magetan

Keutamaan Membangun Masjid

Dalam subuah hadits Rasullulah SAW bersabda bahwa ” apabila seorang manusia meninggal dunia maka putuslah amalnya, kecuali tiga hal yaitu shodaqoh jariyah, anak shalih yang mendo’akannya dan ilmu yang bermanfaat sesudahnya. “(yang diriwayatkan oleh Muslim, Abu Dawud, At-Tirmidzi, Nasa‘i dan Ahmad,)

Juga sebuah hadist yang menerangkan ”Barang siapa yang membangun sebuah masjid karena mengharapkan keridhaan Allah SWT, maka Allah akan membangun untuknya sebuah rumah di surga. (H.R Bukhari dan Muslim)

“Siapakah yang mau meminjamkan kepada Allah pinjaman yang baik, maka Allah akan melipat-gandakan pinjaman itu untuknya, dan dia akan memperoleh pahala yang banyak. (yaitu) pada hari ketika kamu melihat orang mu’min laki-laki dan perempuan, sedang cahaya mereka bersinar di hadapan dan di sebelah kanan mereka, (dikatakan kepada meraka): Pada hari ini ada berita gembira untukmu, (yaitu) syurga yang mengalir di bawahnya sungai-sungai, yang kamu kekal di dalamnya. Itulah keberuntungan yang besar.” (QS. Al-Hadiid, 57:11-12)

Pendirian masjid adalah pendirian rumah Allah SWT, dan hanya bisa dilakukan atas kehendak-Nya dan dilakukan secara bersama-sama dikarenakan kecintaan kita dan rasa syukur kita kepada-Nya. Kepada Allah SWT semua urusan dikembalikan dan semoga Allah SWT meridhoi kita semua. Amiin…

Barang siapa membangun sebuah masjid, Allah akan membangun baginya sebuah rumah di surga.
(HR Muslim)

Membangun masjid merupakan salah satu bentuk shodaqoh jari’ah (shadakah yang pahalanya terus mengalir) yang kelak akan dijumpai oleh seorang mukmin setelah kematiannya.


Pembangunan Masjid di Magetan

Dalam prakteknya di Kabupaten Magetan sendiri baru dimulai pembangunan Masjid untuk kegiatan ibadah dan pengajian. Masjid ini Insya Alloh direncanakan mempunyai ukuran tanah 40 m x 40 m dan ukuran bangunan 25 m x 25 m.

Menyimak Ayat dan dalil mengenai keutamaan shodaqoh jariyah, mari kita bersama – sama bersemangat untuk berlomba – lomba dalam beramal yang sangat mulia ini. Sebagai penyemangat adalah, pahalanya orang yang shodaqoh Jariyah terus mengalir meskipun kita telah meninggal, selama bangunan tersebut masih dipakai. (mad)

 

Tulisan Terbaru :

  1. 24 Maret 2011 pukul 14:47

    mantab bos,… semangat terussss… salam – salam,

  2. 24 Maret 2011 pukul 19:40

    Assalamu ‘alaikum wa rahmatullahi wa barakatuh…
    Jazakallahu khair telah berkunjung ke blog saya…
    Terkait link di blog saya pada http://ibnumajjah.wordpress.com/2010/11/17/memasukkan-tulisan-arab-di-wordpress-com/, maka link tersebut telah diperbaiki…

  1. 24 Maret 2011 pukul 10:43

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: