Beranda > Dunia Internet > Apa Yang Bisa Didapat dari Internet ?

Apa Yang Bisa Didapat dari Internet ?


Dewasa ini internet bukan hal yang asing lagi bagi kita. Mulai usia sekolah dasarpun sudah diberikan materi internet, atau mungkin mereka sudah mengenal internet dengan sendirinya. Bahkan di kota besarpun anak usia TK sudah perlahan diperkenalkan ke komputer dan internet.

Bagi yang mungkin belum begitu familiar dengan internet akan bertanya tanya, “kenapa ya kok betah sekali ngenet, apa ya yang mereka cari / lakukan di internet ?”. Kalau mungkin saja ada di antara anda yang masih bertanya – tanya seperti hal demikian tersebut, maka jangan terlalu bingung. Tidak ada kata terlambat selagi anda mau belajar dan terus belajar.

Ibarat pisau bermata dua, internet mempunyai pengaruh positif yang luar biasa (jika kita bisa menggunakan dengan baik) juga mempunyai dampak pengaruh negatif (jika kita tidak bisa menggunakan dengan baik).

Tentunya prinsip dasar manusia adalah mencari keuntungan kan ? bukannya malah mencari kerugian….. Maka untuk mendapatkan keuntungan dari dunia internet, mari kita bersama – sama menggunakan internet dengan sebaik baiknya.

Berikut ini sedikit uraian tentang apa saja yang bisa dilakukan di Internet :

  1. Membuat Surat Elektronik (email)
    Dengan email kita bisa dengan mudah mengirim dan menerima surat dari seluruh penjuru dunia. Untuk layanan email gratis di internet bisa di http://www.yahoo.co.id, http://www.gmail.com, http://www.hotmail.com dll. Untuk tutorial cara membuat email di Yahoo.co.id silahkan lihat disini. Untuk email di Gmail.com silahkan lihat disini.
  2. Cari File dengan Mesin Pencari.
    Dengan mesin pencari (search engine) kita bisa dengan mudah menemukan file yang kita inginkan sesuai dengan kata kunci yang kita masukkan. Mungkin file yang kita cari berupa tulisan, gambar, alamat website, foto, video dll. Mesin pencari yang popular adalah google dan yahoo. Untuk Tips menggunakan mesin pencari silahkan lihat disini.
  3. Media Dakwah Online.
    Internet juga bisa digunakan sebagai media dakwah dan ber amar makruf nahi munkar. Baik berupa tulisan nasehat, mengaji Al Quran dan Alhadist. Untuk Mencari tulisan tentang dakwah islam silahkan kunjungi http://www.ldii.or.id, http://www.jokam.com, http://www.nuansapersada.net, http://www.jatim.ldii.or.id, dll. Untuk pengajian secara online silahkan kunjungi http://www.lantabur.tv.
  4. Mencari materi buku pelajaran.
    Media belajar sekarang tidak hanya berupa media konvensional (buku bacaan teks) tapi sudah berkembang berupa buku elektronik (ebook). Hal ini memberikan kemudahan bagi para pelajar untuk menambah ilmu pelajaran. Website penyedia buku  pelajaran (ebook) yaitu : http://www.id.wikipedia.com, http://www.ipl.com, http://www.oke.or.id, http://www.bse.depdiknas.go.id, http://www.opensource.telkomspeedy.com/bse, http://www.psmk.net dll
  5. Terjemahan Bahasa dari seluruh dunia.
    Internet juga dapat digunakan untuk menerjemahkan bahasa dari berbagai bahasa di dunia. Silahkan kunjungi : http://www.translate.google.com, http://www.toggletext.com,
  6. Membuat toko online.
    Kita juga bisa membuka took dan memperdagangkan barang dagangan kita di internet. Hebatnya lagi pendaftarannya gratis. Silahkan kunjungi : http://www.tokopedia.com, http://www.tokobagus.com,
  7. Menjaring komunitas.
    Internet juga bisa sebagai media komunitas. Antara lain : Facebook, Twitter, Salingsapa dll
  8. Membuat blog.
    Punya tulisan, puisi, renungan, tips trik dll,. Pingin berbagi ke sesame ? Silahkan buat blog pribadi anda. Tutorial untuk membuat blog di WordPress silahkan lihat disini. Tutorial untuk membuat blog di Blogspot  silahkan lihat disini.
  9. Bahkan Mencari uang (dolar) di internet.
    Banyak dari mereka yang sudah professional dalam dunia internet mengguanakan media ini untuk meraup dolar, atau istilah mudahnya internet marketing. Untuk Referensinya silahkan kunjungi : http://www.alimustikasari.com

Tulisan Terbaru :

  1. 19 Mei 2011 pukul 05:38

    di internet jg bs mencari jodoh lhooo😀

  1. 22 Maret 2011 pukul 04:31
  2. 23 Maret 2011 pukul 05:07

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: