Beranda > Tips Trik Komputer > Tips Memodifikasi System Windows (bagian 1) | Back – up Registry

Tips Memodifikasi System Windows (bagian 1) | Back – up Registry


Setelah proses instalasi operating system (Microsoft Windows) dan aplikasi-aplikasi lain selesai dilakukan di komputer anda, sebenarnya masih ada beberapa hal yang perlu dilakukan.

Misalnya saja, melakukan langkah-langkah agar kinerja komputer menjadi lebih cepat, seperti mengatur komputer agar lebih cepat restart atau loading, menampilkan menu-menu yang tersembunyi, menggunakan beberapa shortcut agar lebih cepat mengakses sebuah program, dan banyak lagi hal yang bisa anda lakukan.

Semua hal di atas tidak akan didapatkan tanpa melakukan modifikasi atau penyetingan (setting) tambahan pada Windows standar yang anda miliki. Kumpulan tips dan trik berikut akan menjadikan komputer yang Anda menjadi lebih cepat (baca: Nggak bolot gitu loh … !) dan tentunya akan lebih nyaman ketika berlama-lama menggunakannya.

Back-up Registry

Sedia payung sebelum hujan. Rasanya, pepatah itu lebih pas dengan kondisi yang harus kita lakukan sebelum menyesal kemudian ketika mengalami kerusakan pada system registry dan Windows yang kita miliki. Banyak hal yang menyebabkan registry rusak. Misalnya, ketika melakukan instalasi suatu program, ternyata program tersebut tidak berfungsi atau bekerja, bahkan lebih parah lagi menyebabkan sistem Windows menjadi rusak (error).

Modifikasi yang gagal (salah memasukkan perintah dan pengisian data value regedit), proses uninstall program yang tidak sempurna, atau kejadian lainnya berisiko menyebabkan kerusakan system.

Jadi, sebelum melakukan modifikasi lakukan langkah pengamanan registry (export) sebagai berikut.

Klik [Start] > [Run] > ketik [regedit]. Setelah muncul Win­dow registry, pilih menu [File] > [Export…]. Pada bagian [Ex­port Registry File] > pilih [Save as type] > [All] > beri nama file sesuai keinginan > tentukan lokasi penyimpanan file > klik [Save].

Untuk memanggil atau menggunakan file registry (import) ketika system bermasalah seperti kondisi semula (system normal), caranya

masuk ke [Registry Editor] > buka menu [file] > pilih [Import…] > cari nama dan lokasi penyimpanan file back-up tersebut

Demikian tips back-up registry, semoga bermanfaat. Untuk Tips Modifikasi System Windows Bagian 2 silahkan lihat disini.

Tulisan Terbaru :

 

  1. Belum ada komentar.
  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: