Beranda > Dunia Internet > Password yang Harus Dihindari

Password yang Harus Dihindari


Password yg harus dihindari

Setelah anda mempelajari bagaimana cara membuat password yang aman dan mudah diingat, maka alangkah baiknya anda mempelajari password yang harus dihindari. Hal ini bertujuan agar anda tidak mudah kehilangan password yang anda cintai.

Apakah anda sering memakai deretan angka ’123456′ sebagai password? Jika iya, maka segera ganti kata kunci Anda karena password tersebut adalah password yang paling rentan terhadap aksi pembajakan. Data ini mengacu pada hasil curian hacker dari situs RockYou, di mana aksi pencurian itu sendiri terjadi di bulan Desember tahun 2009.

Hacker membobol database perusahaan RockYou dan mengakses username serta password dari 32 juta user yang tidak dienkripsi. Salah satu perusahaan keamanan Imperva pun mengatakan telah menganalisa jutaan detail tersebut dan kemudian menyusun daftar password apa saja yang paling sering dipakai dan oleh karena itulah mereka rentan pembobolan.

Menurut Imperva, satu (1) dari lima (5) user masih menggunakan ‘taktik’ pemilihan password yang sederhana dan gampang ditebak seperti ‘abc123′, ‘iloveyou’ atau ‘password’ untuk melindungi data mereka di internet.

Amichai Shulman, CEO Imperva mengatakan bahwa mereka telah melihat pola yang sama sejak tahun 1990-an dan sepertinya itu sudah menjadi ‘tradisi’. Shulman dan perusahaannya meneliti 32 juta password dari perusahaan produsen software bagi user situs-situs jejaring sosial seperti Facebook dan MySpace. Imperva menemukan, bahwa 1% dari 32 juta orang yang diteliti memakai ’123456′ sebagai password.

Untuk meningkatkan keamanan, sejumlah situs menghimbau user untuk memadukan huruf, angka, hingga simbol untuk password mereka. Situs lainnya, seperti Twitter bahkan mencegah orang menggunakan password yang umum.

Memilih password yang simpel memang bukanlah fenomena baru. Survey serupa juga pernah menghasilkan laporan bahwa password yang sering dipakai di pertengahan 1990 ialah ’123456′, ‘abc123′ dan ‘password’. Sejumlah ahlipun menawarkan nasihatnya agar user setidaknya memilih dua password yang berbeda, yang kompleks untuk situs-situs vital seperti bank dan e-mail, sedang yang sederhana untuk situs sosial dan situs hiburan. Malah jika user memakai password dengan minimal 12 karakter, ia akan lebih sulit menjadi target penjahat cyber dibanding dengan mereka yang memakai 5 hingga 6 karakter.

Jangan gunakan kode yang mudah ditebak seperti nama pribadi, nama hewan peliharaan atau nama keluarga, maupun tanggal lahir. Seringkali orang membuat kesalahan seperti ini dengan alasan agar mudah diingat. Namun, pembobol passwor pun berpikiran yang sama dengan anda untuk menembus sebuah password.

Dan berikut daftar 20 besar password ‘sejuta umat’ yang sebaiknya Anda hindari:
1. 123456
2. 12345
3. 123456789
4. Password
5. iloveyou
6. princess
7. rockyou
8. 1234567
9. 12345678
10.abc123
11.nicole
12.daniel
13.babygirl
14.monkey
15.jessica
16.lovely
17.michael
18.ashley
19.654321
20.qwerty

(sumber grup Internet Sehat di Facebook)

Tulisan Terbaru :

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: