Beranda > Dunia Internet > Tips Membuat Password yang Aman dan Mudah Diingat

Tips Membuat Password yang Aman dan Mudah Diingat


tips aman password

Password diperlukan sebelum kita memulai membuat email, baik email di Yahoo maupun email di Gmail. Nggak kebayang bagaimana perasaan anda jika password Facebook anda diganti secara diam – diam oleh orang yang tidak bertanggung jawab. Atau bahkan mungkin anda lupa akan password anda. Kalau mungkin Cuma password Facebook atau email yang kurang begitu penting tidak masalah.Bagaimana jika password yang hilang adalah password transaksi online (internet banking) ?

Jika anda melakukan sesuatu proses dengan komputer, anda akan dihadapkan dengan password dan anda mungkin juga memiliki beberapa password berbeda untuk lokasi yang berbeda dari sistem yang berbeda pula. Demikian pula jika anda sering berurusan dengan dunia internet. Seperti facebook, email, internet banking, blog, admin web kantor, web toko online dan banyak lagi penggunaan password di internet.

Password yang terbaik adalah kombinasi huruf, symbol, angka yang unik dan anda tidak akan pernah lupa. Dan yang lebih penting keluarga atau teman terdekat tidak akan pernah bisa menebak password yang anda buat.

Berdasarkan pengalaman saya dalam menentukan password yang unik dan sangat aman untuk lebih mudahnya gunakan kombinasi bahasa alay, seperti #?!w4ktuny4m4k4n$14n9!?# (yang dibaca : #?!waktunyamakansiang!?#)

Password sebaiknya menggunakan lebih dari satu kata yang unik. Jangan menggunakan kata – kata yang mudah untuk ditebak.

Penting pilihlah kata-kata yang mudah diingat, tapi orang lain tidak akan bisa menebak. Jadi password seperti shinynail atau flyingrock atau tallwater lebih aman dari password kata tunggal. Pisahkan Dua Anda Kata Dengan Simbol dan Nomor-Sebagai contoh:! pinus &1 & pintu, kit2!kucing, dll!

Strategi pembuatan password yang paling aman adalah dengan menggunakan password yang sama sekali berbeda untuk setiap sistem. Dalam prakteknya, ini berarti anda harus menuliskannya agar tidak lupa password anda sesuai system anda. Jadi facebook kita harus berbeda dengan password email, password internet banking dll.

Yang tidak kalah penting adalah selalu rubah password anda maksimal tiap 1 bulan sekali. Juga hindari penggunaan password yang bisa merugikan anda.

Untuk lebih jelas mengenai pilihan password yang harus kita hindari silahkan klik disini. (mad)

Tulisan Terbaru :

  1. Belum ada komentar.
  1. 15 Maret 2011 pukul 13:57
  2. 15 Maret 2011 pukul 14:06

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: